Pemantulan Teratur dan Pemantulan Baur

Dipublikasikan oleh

Pada

pemantulan teratur dan pemantulan baur
Pemantulan teratur dan baur

Pemantulan Teratur dan Pemantulan Baur

Apabila seberkas cahaya sejajar mengenai suatu permukaan benda yang rata, misalnya permukaan cermin, maka cahaya tersebut akan dipantulkan dengan arah tertentu secara teratur. Pemantulan cahaya dari satu arah saja disebut pemantulan tidak teratur (reguler). Dalam kehidupan sehari-hari, pemantulan teratur terjadi pada pemantulan cahaya oleh cermin dan permukaan logam yang mengkilap.

Sebab Pemantulan Teratur dan Pemantulan Baur

Apabila seberkas cahaya sejajar mengenai permukaan benda tidak rata, maka cahaya tersebut akan dipantulkan ke segala arah secara tidak teratur. Pemantulan ini disebut dengan pemantulan baur (diffuse). Jadi, pemantulan baur merupakan pemantulan cahaya ke segala arah secara tidak beraturan. Ketika cahaya mengenai permukaan yang tidak beraturan, bahkan permukaan yang tidak rata seacra mikroskopis seperti permukaan kertas, pantulan akan memiliki banyak arah. Namun, hukum pemantulan akan terus berfungsi di sini. Dalam bagian yang kecil yang tidak rata secara mikroskopis pun sudut datang akan selalu sama dengan sudut pantulnya.
Berdasarkan sifat pemantulannnya, cermin dibedakan menjadi tiga jenis yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.